St. Peter's Basilica
(Vatican)
Basilika Santo Peturs atau Basilica di San Pietro in Vaticano Pada abad ke-1 Masehi, situs Basilika Santo Petrus menjadi tuan rumah Circus Nero dan pemakaman. Menurut tradisi kuno, Santo Petrus menjadi martir di Circus dan dikubur di dekatnya. Kuburan yang sederhana itu dikenang dan dikunjungi oleh umat beriman, dan di Th 324-326  Kaisar Kristen pertama yaitu kaisar Konstantinus mulai membangun sebuah basilika besar di atas makam.
Pada pertengahan abad ke-15, Pada masa jabatan Paus Nicholas V diputuskan bahwa basilika lama harus dibangun kembali. Paus Nicholas V meminta arsitek Bernardo Rossellino untuk mulai menambahkan bangunan dekat dengan gereja lama. Namun pembangunan sempat berhenti beberapa saat. Pembangunan gedung dimulai lagi di bawah Paus Julius II pada1506, dan selesai pada 1615 di bawah Paus Paulus V. Donato Bramante menjadi kepala arsitek pertama. Banyak seniman terkenal bekerja pada "Fabbrica di San Pietro" (sebagai kompleks operasional gedung secara resmi). Michelangelo, yang menjabat sebagai arsitek utama untuk sementara waktu, merancang kubah, dan Bernini merancang Lapangan Santo Petrus besar. Bangunan ini digambarkan sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun dan salah satu situs tersuci dalam Kekristenan.
Tradisi mengatakan bahwa tempat bangunan ini merupakan tempat Santo Petrus, yaitu salah satu rasul Yesus dan dianggap sebagai Paus pertama dimakamkan. Gereja ini merupakan tempat penguburan Santo Petrus di bawah altar utama. Paus lainnya juga dikubur di basilika ini.



Gambar dan bagian lain basilika:





























  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar